Laman Statis

Minggu, 19 Juni 2011

Trik Tips Merawat Laptop/Notebook Secara Umum

Disadari atau tidak, sebagian besar di antara kita mempunyai prilaku yang buruk dalam hal kepimilikan suatu benda atau barang.
Prilaku buruk? Ya… lalai dalam hal perawatan. Kita hanya sering mengunakan barang tersebut tapi lupa, tidak punya waktu, atau memang malas untuk membersihkannya. Padahal itu sangat perlu dilakukan minimal sebulan sekali.
Jika memang demikian, lalu bagaimana seharusnya kita memperlakukan Laptop kita agar kondisinya selalu dalam kondisi “TOP”. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

  • Perhatikan Kondisi Suhu
Laptop adalah kumpulan aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu panas maupun dingin akan mengganggu kinerja laptop itu sendiri. Atau malah dapat merusaknya.
Oleh karena itu, hindarkan kebiasaan menaruh laptop didalam kendaraan yang terparkir dibawah sinar matahari. Apalagi laptop tersebut terkena sinar matahari langsung.
Umumnya produsen-produsen Laptop merekomendasikan suhu normal untuk Laptop adalah 5 – 35 Derajat Celcius. Untuk ketinggian, Laptop direkomendasikan bekerja pada ketinggian di bawah 2.500 meter dibawah permukaan laut.
  • Menyimpan Laptop
Bagi anda yang ingin berpergian lama dan tidak ingin membawa Laptop anda. Usahakan mencabut baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering serta bersirkulasi udara yang baik.
Lebih baik lagi gunakan silicon gel untuk menghindari jamur. Untuk menggunakannnya lagi, charge baterai laptop anda dengan cara mengisi dan mengosongkannya sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data didalam Harddisk anda, usahakan jangan meletakan piranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat disekitar laptop anda seperti speaker yang tidak berpelindung (Unshielded Speaker) dan handphone.
Jika anda mengakses internet dengan menggunakan fasilitas inframerah pada ponsel, usahakan meletakkan ponsel dalam jarak aman yaitu sekitar 15 cm dari laptop anda.
  • Mematikan Dengan Benar
Kadangkala, sikap ini biasa kita lakukan. Oleh karena itu, cobala untuk merubahnya. ^^
Jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator Harddisk masih berkedip-kedip. Kondisi berkedip-kedip seperti itu mengisyaratkan bahwa Harddisk masih bekerja.
Hilangnya daya/listrik secara tiba-tiba saat Harddisk sedang bekerja secara langsung dapat merusak data dan gangguan terhadap kinerjanya dalam jangka waktu panjang.
  • Tancapkan ke Stabilizer Listrik
Jika anda bekerja dengan menggunakan listrik AC atau tidak menggunakan baterai, maka sebaiknya anda menggunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya gangguan tegangan listrik yang tidak stabil ke Laptop anda.
  • Hindari Permukaan Yang Terlalu Empuk
Seringkali hal ini dilakukan oleh cewek-cewek nih. Entah ingin meniru FTV remaja yang sering menggunakan Laptop di atas tempat tidur atau hal semacamnya. ^^
Sebaiknya jangan dilakukan ya!! Menggunakan Laptop ditempat yang terlalu empuk seperi tempat tidur, bantal, sofa, dan lain sebagainya dapat menghambat sirkulasi udara yang keluar dari bawah atau sisi laptop menjadi tidak baik.
Tentunya hal ini dapat membuat laptop anda kepanasan. Kalau udah kepanasan bisa gawat tuh! Urusannya bisa ke Processor atau komponen-komponen penting lainnya.
  • Engsel Monitor
Jika diperhatikan dengan seksama, di dalam dipatan antara CPU dan LCD terdapat 2 engsel (untuk beberapa merek umum seperi Acer, Axioo, dll) yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain.
Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu Laptop adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu, jangan memberikan hentakan saat membuka monitor sewaktu ingin membuka Laptop.
Demikian juga pada saat ingin menutup. Usahakan jangan menutup LCD terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.
  • Jangan Membongkar Laptop
Membongkar Laptop anda sendiri benar-benar perbuatan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti PC Desktop yang komponen-komponennya dapat dipisahkan dengan mudah.
Di Laptop, banyak bagian sangat kecil yang dari pabriknya sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika anda ceroboh, Laptop anda akan rusak parah.
  • Perawatan Program
Nah, ini yang terakhir. Bukan hanya dari sisi Hardwarenya saja yang kudu diperhatikan. Dari sisi Softwarenya juga.
Usahakan setiap seminggu sekali membersihkan file-file junk anda dengan tools-tools gratis yang sudah teruji mumpuni menghapus file-file sampah. Jangan lupa Defragment Harddisk anda setiap 1 bulan sekali. ^^
 He he

Pencarian Terpopuler:suhu normal notebook,belajar mengakses internet dalam menggunakan leptop,belajar notebook,Belajar laptop pemula,menggunakan laptop pemula,Tips memakai laptop untuk pemula,tip dan trik menggunakan note book,belajar laptop,trik notebook,tip dan trik laptop, Laptop new, notebok rawat , bagus rawat notbook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Sytarty Komputer, Program Hack, Tips ,Cara -cara jitu Komputer, Game, Musik, Video, That Pa ja Tetang Komputer Di ula disini ::..